Pengalaman Jual Beli Online

Sungguh ternyata ada beberapa hal yang perlu kita coba dalam hidup ini. Seperti dalam hidup ini jika kita bergerak dalam ilmu komputer semestinya selalu mengikuti perkembangan yang sedang trend di dunia internet saat ini. Trend yang dimaksud adalah Jual Beli Online yang semakin banyak saja peminatnya. Saat saya berpikir tentang jual beli ini yang terpikirkan adalah bagaimana melakukan penjualan dan pembelian yang aman.

Karena rasa penasaran yang amat sangat terasa. Saya pun mencoba membeli barang melalui Online, Penasaran ini dikarenakan ada teman yang sangat asyik membeli barang lewat online karena katanya enak jika punya koneksi internet kita gak perlu ribet-ribet lagi ke pasar atau toko.

Barang pertama yang saya beli lewat online adalah Speaker. Kenapa Speaker ? Karena hobi yang mengerjakan sesuatu selalu pakai musik biar menggema gimana gitu. Di bantu teman yang sudah biasa bertransaksi via Online. Saya mencari di situs jual beli online populer yang sering muncul di iklan.

Saat sudah masuk ke situsnya dan mengetikkan keyword Speaker muncul beribu-ribu barang yang sedang di jual. Kondisi yang berada di Bandung, luas pencarian di persempit lagi ke Bandung. Muncullah banyak pilihan speaker dari berbagai merk seperti Advance, Simbadda dll. Dari yang masih baru sampai yang second tersedia.

Saya pun bingung mau nyoba speaker yang mana. Karena berdasarkan budget, memilih yang tipe Advance dengan standard suara dan bass yang lumayan bagus dan stabilnya suara yang di keluarkan.

Setelah memilih type speaker, teman menyarankan jika ingin aman tidak di tipu pilih yang sudah di verify oleh website jual beli onlinenya. Karena yang sudah di verify itu menurut teman sudah dapat dipercaya karena sudah melayani penjualan banyak barang.

Setelah ketemu dengan penjual yang dimaksud dan menawar-nawara harga pas akhirnya deal.

Karena masih ada perasaan takut di tipu, Saya pun menyarankan agar bisa Cash Of Delivery atau istilah kerennya COD yaitu sebuah transaksi dimana penjual dan pembeli langsung ketemu untuk melihat barang yang akan dijual atau beli. Ketika sudah ada kecocokan barang pun dibayar dan diterima tanpa ada cacat di barang yang akan kita beli.

Setelah transaksi beli barang via online berhasil. Saya pun mencoba yang satunya lagi yaitu menjual barang via online. Barang yang di jual adalah RAM Laptop. Barang ini sulit di jual jika kita hanya menawarkan ke teman-teman.

Setelah minta tolong ke teman bagaimana caranya. Step pertama yaitu apa yang dilakukan saat menjual barang, dilakukan jual di dunia online. Contohnya jika di dunia nyata pelanggan bisa melihat langsung dan mengetahui kelebihannya. Dunia online yang harus kita lakukan sama seperti di dunia nyata cuma caranya berbeda yaitu dengan memfoto barang yang akan di jual dengan sebagus mungkin lalu deskripsikan barang yang dijual dengan memberikan banyak kelebihan yang bisa ditawarkan. Jangan lupa cantumkan no contact yang bisa dihubungi,

jual-beli-baik

Barang selesai di posting, tidak beberapa lama kemudian banyak yang menanyakan harga entah via chat ataupun sms sesuai dengan no contact yang dicantumkan. Rata – rata chat yang masuk adalah ingin menawar harga dari barang yang saya jual. Ada yang afgan (Istilahnya menawar dengan sadis sesuai judul lagunya).

Ada juga yang cuma tanya-tanya doang tentang barang yang dijual. Jika ada kejadian seperti ini adalah bagaimana pinter – pinternya kita dalam bertransaksi dan memberikan kesan agar pembeli mau membeli barang yang kita jual.

Alhamdulillah dengan tawar menawar, deal juga barang yang dijual. Tetapi karena takut barang yang di jual sudah tidak bisa digunakan saya memakai cara terbaik walaupun jadi penjual yaitu dengan COD agar si pembeli bisa mencobanya langsung tanpa menemui kendala di kemudiannya.

Tips dari saya adalah meskipun kita bertindak sebagi penjual ataupun pembeli adalah sebisa mungkin agar bisa COD. Agar kita bisa melihat barang yang sedang di transaksikan. Kecuali, jika orang yang menjual ataupun membeli sudah dapat dipercaya kita bisa mengesampingkan tips aman yang tadi.

Selamat mencoba, pokoknya asyik jika melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *