Mengganti Keyboard Laptop HP ProBook 4421s

Entah karena angin yang berhembus di malam hari menjelang akhir tahun. Laptop yang digunakan ternyata pun ingin merasakan bagaimana belanja di akhir tahun yang katanya selalu dapat discount besar-besaran. Karena mau tutup buku. Tetapi itu tidak berarti untuk barang-barang komputer yang harganya tetap melambung di karenakan dollar yang menjulang naik.

Saya tidak kepikiran untuk belanja di akhir tahun. Tetapi kondisi laptop yang ingin belanja akhirnya pun jadi mengeluarkan seonggok rupiah ke toko.

Perangkat laptop yang ingin diganti peripheralnya yaitu Keyboard. Saya sendiri heran di karenakan laptop HP ProBook 4421s ini tidak pernah di bawa keluar kamar. Tetapi pas saya menyalakan Laptopnya ada beberapa tombol yang tidak bisa di gunakan yaitu deretan no 4,5 kebawah.

Gejala ini diketahui ketika saat memasukkan username dan password. Dari username dan password saya yang ada huruf di antara key-key yang rusak tersebut.

Saya pun langsung siap-siap ke BEC (Bandung Electronic Center) untuk mengganti keyboard laptop. Walaupun di luar sedang hujan, saya tetap berangkat karena kebutuhan ada di Laptop seperti Pekerjaan dan tugas-tugas.

Tetapi sebelum berangkat itu, keuangan pun di atur kembali dengan searching di internet berapa harga pasaran keyboard laptop. Agar nanti pas di sana tidak ketipu.

Menaiki angkot menuju BEC, sambil di temani rintik-rintik hujan melintasi jalan utama Djuanda melihat pemandangan bagaimana taman/bunga yang sedang ditanam oleh pekerja. Pekerja ini ikut berpartisipasi untuk mewujudkan slogan dari pemimpin yang baru yaitu Bandung Kota Juara.

Turun di depan Gramedia langsung menuju BEC. Cuaca yang mendung selaras dengan kantong yang sebentar lagi sebagian akan pergi.

Menuju lantai 2/3 yang merupakan pusat komputer. Mencari ke toko pertama dimana tempat saya mengganti RAM. Ceritanya bisa di cek di link berikut ini :

Pengalaman Ketika Beli Laptop dan Upgrade RAM

Setelah bertanya-tanya apakah bisa ganti Keyboard Laptop “Dia bilang bisa” tetapi langsung ditawar dengan harga diatas ekspektasi saya yaitu setengah juta.  Mahal karena ada jutanya 🙂

Karena sudah harga pas, saya pun berlalu ke toko berikutnya. Di karenakan kebanyakan toko yang hanya menjual barangnya saja tetapi tidak menyediakan servicenya jadi agak kesusahan untuk mencari toko yang pas.

Setelah lebih dari 5 toko akhirnya saya menemukan toko yang pas. Seperti biasa bertanya apakah bisa mengganti Laptop Keyboard HP ProBook 4421s. Seperti biasa bilang bisa. Pas saya tanya harga jawabannya sama dengan harga yang di pasang oleh toko sama.

Bisa kurang enggak ? Dia bilang bisa dengan kurang 20%. OK

Setelah menunggu untuk membongkar Laptop HP ProBook 4421s yang memang sangat rumit untuk dibukanya. Saya lihat isinya bahwa banyak banget debu yang menyarang di kipas Laptop. Seperti gambar di bawah ini

keyboard-laptop-1

keyboard-laptop-2

keyboard-laptop-3

Jika ingin mencobanya bisa ikuti tips dari saya tentang pembersihan Laptop HP ProBook 4421s

Step by Step Pembersihan Laptop HP ProBook 4421s

Gak butuh waktu lama untuk mengganti keyboardnya. Setelah terpasang dengan yang baru dan dicoba muncul kejanggalan yaitu beberapa tombol yang berbeda dengan sebelumnya. Jadi fungsi-fungsi yang dijalankan bisa berbeda dari sebelumnya seperti suara dan kecerahan.

Di ketahui masalahnya karena Keyboard yang dipasang itu adalah untuk HP ProBook seri lain sedangkan yang betul HP ProBook 4421s. Orang toko bilang jika ingin yang original harga lebih mahal yaitu harganya seperti yang dibilang oleh toko yang pertama tetapi yang dibilang oleh toko ini pake ribu.

Saya pikir OK lah tidak apa, Mungkin karena dollar yang sedang naik. Setelah diganti dengan yang asli. Betul saja semua tombol berfungsi dengan baik.

Seperti saat saya menulis tulisan ini lewat Laptop