Instalasi Proxmox di VirtualBox

Proxmox adalah distro special untuk melakukan Virtualisasi. Proxmox sebuah teknologi Virtualisasi yang mudah melakukan manajemen dengan web Browser. Instalasinya pun tidak meminta yang macam-macam. Seperti saat ini saya belajar menginstall proxmox di atas VirtualBox dikarena tidak punya Hardware untuk simulasi.

Instalasi Proxmox di VirtualBox mudah saja dan sama saat kita install di mesin fisik, hanya saja butuh settingan yang betul. Berikut tata cara Installasi Proxmox di atas VirtualBox dengan benar dan sudah saya simulasikan sebelumnya.

Pertama siapkan iso proxmox. Jika anda belum punya bisa mendownloadnya di proxmox

Setelah semua sudah siap bukalah VirtualBox anda dan klik New maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini : Berilah nama VM anda.

1

Klik Next. Lalu berikan RAM untuk si Proxmox. Hitungannya adalah setengah dari RAM Laptop/PC anda. Di tulisan kali ini saya berikan 4 GB. Sebetulnya 1 GB atau 2 GB pun bisa.

2

 

Langkah selanjutnya by default saja. Tinggal klik Create dan Next sampai muncul untuk memberikan space Harddisk si Proxmox.

Klik Create

3

Next

4

Next

5

Alokasikan space untuk Harddisk Proxmox. Berikan 8 GB sudah lebih dari cukup jika hanya untuk simulasi installasi.

6

Saat anda klik Create maka VM Proxmox sudah terbuat di VirtualBox. Setelah itu klik di bagian setting untuk mengatur si Proxmox. Biarkan by default untuk bagian General. Pindah ke menu System. Hilangkan Floppy karena hari gini sudah gak ada floppy :D.

7

Display pun biarkan default. Pada di bagian Storage ini adalah tahapan yang paling penting karena file installer berada di bagian ini. tambahkan iso proxmox di bagian yang empty. Cara menambahkannya dengan klik di gambar CD. Maka jika sudah muncul iso Proxmox. Di installer ini saya masih menggunakan Proxmox 2.3

8

Audio biarkan apa adanya. Pada bagian Network arahkan network ke Bridged Adapter.

9

Saat sudah ok semuanya. Maka jalankan dengan klik Start di VM Proxmox maka semestinya akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Pada tahap awal tekanlah Enter untuk melakukan installasi.

ProxmoxLearn

Si Proxmox akan loading sehingga muncul Proxmox License Agreement. Klik I Agree. Tidak perlu khawatir karena Proxmox ini free. Jadi bebas bisa di pakai kapanpun dan dimana saja.

ProxmoxLearn1

Langkah selanjutnya adalah pilihan Disk untuk menginstall Proxmox. Jika hanya ada 1 Disk maka si Proxmox akan langsung memilih Disk tersebut untuk melakukan installasi. Klik Next

ProxmoxLearn2

Selanjutnya pilihan Lokasi dan Time Zone. Pilihlah sesuai kota anda berada. Klik Next

ProxmoxLearn3

Pada tahap ini anda harus memasukkan password si Proxmox dan email. Klik Next

ProxmoxLearn4

IIsikan Hostname dan IP Adress yang akan digunakan untuk si Proxmox. Klik Next

ProxmoxLearn5

Setelah semuanya selesai di setting. Proxmox akan melakukan installasi hingga selesai jika tidak ada masalah si proxmox akan meminta di Reboot. Klik Reboot maka tahapan installasi anda telah selesai.

ProxmoxLearn6

Setelah Proxmox selesai Reboot. Untuk mengakses si Proxmox buka Web Browser anda dan ketikkan alamat IP si Proxmox. Maka akan munculan tampilan proxmox. Anda akan diminta untuk mengisikan password Proxmox jika ingin masuk.

Username : root

ProxmoxLearn7

Tahap installasi telah selesai. Dan selamat belajar

Check This Video :

3 thoughts on “Instalasi Proxmox di VirtualBox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *