Seri Kegiatan Ramadan : Hari Kelima Puasa

images1

Kembali lagi bersama dengan tulisan kegiatan saya yang Insya Allah tidak bosan untuk dibacanya. Karena saya aja Insya Allah gak bosan baca tulisan sendiri. Di tulisan kali ini saya ingin berbagi kisah tentang kegiatan saya di bulan Ramadan. Tetapi ini kegiatan hari kelima saya di Bulan Ramadan.

Oia sebetulnya saya terinspirasi oleh tulisan blog tetangga yaitu imanudin.com yang menceritakan kegiatannya selama bulan Ramadan. Jadi kepikiran juga untuk menceritakan kegiatan saya selama di bulan Ramadan.

Jadi di hari kelima bulan puasa ini. Diawali dengan saya sahur bersama keluarga (Bapak, 2 Kakak dan 1 keponakan). Sebetulnya keluarganya kurang lengkap karena Nyak dan Adik saya sedang ngendong (baca : nginap) waktu itu di rumah saudara yang sedang sakit. Mudah-mudahan di bulan yang penuh berkah ini saudara/Nde saya yang sedang sakit bisa diberikan kesembuhan wal’afiat. Amin Ya Robbal Alamin.

Setelah elesai sahur sambil ditemani dengan acara-acara televisi yang lumayan menghibur untuk menemani sahur pagi itu. Prepare kegiatan hari ini adalah mempersipkan Training Zimbra di Markas Excellent.

Pagi itu etelah mandi dan mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa. Mengeluarkan motor untuk dipanaskan biar lebih jreng jalannya.

Ketika saya mengeluarkan motor ternyata Nyak dan Adik saya sudah pulang pagi itu. Malahan Nyak pas saya manasin motor sedang turun dari angkot yang pagi itu ternyata sedang ke Pasar untuk persiapan makanan yang akan dijual sore sebelum berbuka puasa.

Karena takut motor bisa melepuh pas dipanasin terus. Saya langsung berangkat ke tujuan yaitu Duren Jaya. Jalanan terasa santai dan sepi karena waktu itu sedang Weekend jadi bisa dibilang orang-orang rumah pun jadi malas beraktifitas.

Perjalanan 25 menit dari rumah ke Duren Jaya. Sesampainya di Duren Jaya. Saya langsung ke atas setelah bersalaman kepada orang-orang rumah.

Di atas masih sepi cuma ada suara musik yang diputar oleh Laptop kaka. Rutinitas tiap ke markas adalaha nyalakan laptop lalu cek email yang mesti dibalas. Sambil mempersiapkan apa-apa saja yang akan dibutuhkan untuk Training tersebut. Saya mengeprint daftar peserta Training Zimbra yang rencananya akan ada 12 orang peserta.

Satu persatu para peserta training hadir. Malahan berbarengan dengan peserta rekan kerja saya datang. Bisa dibilang waktu itu dia kaya calon peserta training. Hehehe

Sambil menyodorkan lembar daftar peserta. Saya menanyakan kepada calon peserta apakah sedang puasa atau tidak. Karena jika puasa makanannnya  akan kami berikan pas pulang nanti untuk persiapan berbuka puasa. Sedangkan jika tidak berpuasa kami akan memberikannya pas break istirahat.

Sekitar jam 10an rekan kerja lain yaitu bro Ahmad Imanudin datang. Maklum tadi malam habis begadang di Bank. ­čśÇ

Karena pesertanya yang lumayan banyak. Hari itu yang memberikan materi 1 orang sambil di temani oleh 3 asisten training. Saya termasuk 3 asisten training waktu itu. Karena bisa dibilang saya memahami isi materi yang sedang diajarkan yaitu Zimbra Mail Server. Saya jadi bisa menjawab semua pertanyaan dan kesulitan yang dialami oleh para peserta.

Seperti ada salah satu peserta yang gagal terus install zimbra. Saya dengan membaca error yang diberitahukan oleh si Zimbra. Bisa mengetahui apa letak masalah sehingga selalu gagal terus. Alhamdulillah solved.

Mungkin hanya 1 orang peserta yang belum bisa saya terangkan karena masih takut salah untuk menjawab. 1 orang itu belum bisa saya jawab karena dia menginstall ZImbra di atas Ubuntu Server. Sedangkan 11 peserta yang lain installnya diatas SUSE 11 SP 2.

Sebetulnya ada beberapa hal yang bisa saya pahami dari Ubuntu Server seperti setting hosts, DNS dll. Tetapi pas ditanya yang macam-macam hanya bisa jawab jujur bahwa saya belum memahami dan mencobanya lebih dalam. Satu-satunya jalan yang saya lakukan waktu itu adalah by space dengan asisten lain yaitu Ahmad Imanudin yang mungkin saja bisa menjawab beberapa pertanyaan yang di ajukan.

Hal baik dari peristiwa itu adalah bahwa saya mesti harus lebih-lebih belajar untuk bisa membantu peserta lain yang mungkin akan menemukan hal yang sama. Insya Allah bermanfaat.

Waktu terus berjalan. Hingga materi untuk hari pertama selesai dilaksanakan. Para peserta setelah menyelesaikan salat Ashar langsung pamitan pulang untuk dilanjutkan besok. Kami pun setelah para peserta sudah selesai pulang. Langsung pamitan pulang.

Ketika mau pulang hujan sedang turun. Saya pun meminjam jas hujan untuk bisa pulang ke rumah biar bisa buka bareng keluarga.

Saya sempat waswas karena jalan yang akan saya lalui adalah salah satu langganan banjir. Ya meskipun hujan sedikit tetap saja membuat air tergenang. Alhamdulillah motor saya selalu mengerti dan mampu menerjang genangan air.

Jam setengah 6 lewat. Saya sudah sampai di rumah di sambut pertama kali oleh keponakan saya si Marhadi yang sedang main di situ.

Sesudah mengganti pakaian dan keluar kamar untuk bergabung langsung terdengar kumandang azan Magrib. Alhamdulillah dan selamat berbuka puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *