Kegiatan Anak Kost : Teori Memasak Nasi

index

Sebetulnya ini pengalaman saya dari setahun lalu waktu pertama kali ngekost. Tetapi baru sempat dibuatkan tulisannya karena ingin mengenang masa-masa itu. Di tulisan kali ini saya ingin berbagi kisah bagaimana saya pertama kali memasak nasi. Ya walaupun udah lama makan nasi tetapi baru kali ini memasak sendiri.

Pertama kali karena jika di rumah pas pulang pasti nasinya sudah matang. Jadi tinggal makan aja gitu.

Waktu itu sebelum ngekost saya di ajarkan bagaimana memasak nasi yang benar. Tetapi yang diajarkan bukan memasak nasi pake kompor tetapi masak nasi menggunakan magic com. Karena asumsi jika memasak nasi pake kompor suka lupa kalau sedang memasak. Malahan bisa-bisa melawan kodrat alam. Bahwa nasi itu putih menjadi hitam gosong.

Sebetulnya bagi anak-anak yang lain. Kalau anak kost itu makan atau beli nasi diluar. Tetapi bagi saya kalau setiap hari begitu akan terasa membosankan. Malahan nanti kedepannya tidak punya bahan untuk diceritakan.

Gak perlu pake lama. Berikut penjelasan teori memasak nasi.

Pertama siapkan beras yang akan di masak. Di teori kali ini saya mengambil bagaimana memasak nasi dengan ukuran segelas kecil. Ya segelas kecil saja sudah cukup bagi anak kostan. Itu pun suka gak habis seharian.

Setelah beras seukuran gelas kecil diambil. Cuci beras tersebut dengan wadah seperti baskom ataupun tempat magic com untuk memasak. Cucilah sebanyak 5 kali. Karena jika lebih dari itu bisa-bisa beras tersebut habis terbawa air yang dibuang. Tetapi kalau bisa di simpan saja untuk membersihkan wajah. Karena katanya sih air beras yang sehabis dicuci bagus untuk membersihkan wajah. Saya pribadi belum pernah mencobanya.

Jadi, jika anda coba atau pernah mencobanya. Bagilah tips dan pengalamannya kepada saya. 😀

Setelah beras di cuci masukkan ke dalam wadah magic com. Lalu tambahkan air. Perhitungannya begini

 

Jika beras yang akan di masak seukuran gelas kecil = Air 1 gelas kecil + air sedikit (Setengah 1 cm)

Jika beras yang akan di masak 2 gelas kecil = Air 2 gelas kecil + air setengah gelas kecil kurang sedikit

Begitu seterusnya

 

Ingat jika beras yang akan dimasak kekurangan air hasilnya setelah matang beras akan menjadi keras dan susah untuk dihangatkan. Sebalikanya jika beras kebanyakan air hasilnya akan lembek seperti bubur. Saya pernah waktu itu kekurangan air setelah matang. Dengan menggunakan teori memasak nasi.

Nasi yang sudah matang dan keras saya tambahkan lagi air dan hasilnya pun nasi menjadi basah. Lebih baik cek n ricek di awal dan ukur takarannya.

Setelah selesai di tambahkan air. Nyalakan magic com anda. Lalu tekan tombol cock yang artinya memasak. Jangan tekan tombol warm yang artinya memanaskan saja. Saya pernah lupa menekan tombol cock dan tombolnya waktu itu masih warm. Jadinya setelah saya nyalakan magic com. Lalu saya cek setelah 30 menit karena asumsi pasti sudah matang. Berasnya tidak berubah menjadi nasi. Dan masih pada mengambang dengan tenangnya. Hehehehe

Sekian dulu ya. Nanti update kembali tips-tips dari saya. Selamat mencoba 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *