Instalasi Sticky Notes pada Linux Mint/Debian/Ubuntu

51VOd7eVWXL._SL500_AA300_

Aplikasi perkantoran atau pribadi yang cukup bagus untuk di pasang salah satunya adalah Sticky Notes. Sticky Notes adalah aplikasi pencatat atau memo berbentuk teknologi. Aplikasi ini berguna bagi yang mempunyai banyak pekerjaan. Bisa dibilang sebagai pelisting apa-apa yang akan dikerjakan.

Di bilang cukup bagus karena jika kita masih menggunakan catatan kertas/tangan bisa saja kertas atau catatan tersebut rusak. Entah rusak karena terkena hujan atau hingga lupa menaruhnya dimana.

Jika di dunia nyata anda mempunya memo dalam berbentuk kertas. Biasanya akan ditaruh di layar monitor anda. Bagi saya itu sangat mengganggu pemandangan layar anda.

Ya walaupun jika di taruh di layar desktop anda juga cukup menggangu. Tetapi kembali lagi ke penjelasan atas 😀

Di zaman yang serba berbau teknologi ini. Pekerjaan untuk mencatat pun menjadi lebih terbantu dengan mengesampingkan hal-hal sepele yang tidak berguna.

Di tulisan kali ini saya ingin berbagi bagaimana menginstall aplikasi Sticky Notes ini di Linux. Versi linux yang akan digunakan adalah Linux Mint, Ubuntu & Debian yang semuanya merupakan turunan dari Debian. Jadi bisa dibilang Debian ini kakak senior linux. Hehehe

Instalasi Sticky Notes pada Linux Mint,Debian & Ubuntu

Pertama buka terminal masuk sebagai hak akses root. Tambahkan Repository Sticky Notes pada OS Linux

[code lang=’bash’]
# sudo add-apt-repository ppa:umang/indicator-stickynotes
[/code]

Setelah di tambahk Repository. Update linux anda

[code lang=’bash’]
# sudo apt-get update
[/code]

Lalu instal aplikasi Sticky Notes

[code lang=’bash’]
# sudo apt-get install indicator-stickynotes
[/code]

Mudahkan. Jika anda menggunakan Linux OpenSUSE aplikasi ini sudah otomisasi terinstall di OpenSUSE. Tinggal klik Add a Widget  > Search Notes > Maka akan muncul aplikasi notes bawaan OpenSUSE. Tambahkan ke Desktop. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *