Perbedaan OpenSUSE 12.3, Linux Mint 14 Nadia, dan Windows 8

Beberapa waktu yang lalu, sistem operasi yang saya pakai di Laptop HP Probook 4421s yaitu OpenSUSE, Linux Mint dan Windows mengeluarkan release terbarunya. Yang paling terbaru adalah OpenSUSE dengan release 12.3

Di posting kali ini saya aka mencoba memberikan kelebihan, kekurangan dan perbedaan yang saya temukan saat menggunakan ketiga Sistem Operasi tersebut. Berikut beberapa perbedaanya :

OpenSUSE 12.3 :

  1. Tampilannya menarik dan elegan. Cocok bagi pemula linux yang selama ini menggunakan windows karena beberapa feature yang di kasih oleh OpenSUSE sejenis dengan Windows.
  2. kurang begitu support dengan beberapa Hardware misalkan Wireless, Sound Card butuh installasi manual dari user.
  3. Ada pemberitahuan dari sisi tanggal, Seperti 21 April adalah Hari Kartini. Sedia dalam berbagai bahasa seperti Indonesia dll. Hari besar dunia pun tercatat di kalender OpenSUSE 12.3 yang berada di dekstop pojok kanan bawah.

OpenSUSE 12.3

Linux Mint 14 Nadia :

  1. Tampilannya biasa saja tidak ada perubahan mencolok. Bahkan menurut saya tampilan Desktop di Linux Mint 14 Nadia seperti Windows 8. Coba saja pindahkan Firefox ke Desktop tampilannya adalah kotak yang notabene andalan dari Windows 8.
  2. Kurang begitu support dengan beberapa Hardware seperti wireless. Tetapi support untuk hardware Sound Card beda dengan OpenSUSE 12.3.
  3. Ada beberapa aplikasi tambahan yang tidak perlu di install manual seperti pemutar video : VLC Media Player.

Linux Mint Nadia

Windows 8 :

  1. Tampilannya menarik dengan gaya kotak-kotak di tampilan depannya.
  2. Support beberapa Hardware seperti Kamera Webcam yang tidak seperti pendahulunya yaitu Windows 7 yang tidak bisa support.
  3. Selebihnya lagi perlu installasi Hardware secara manual.
  4. Didukung banyak software yang support untuk Windows. Bandingkan dengan OpenSUSE 12.3 dan Linux Mint 14 Nadia yang masih perlu cari-cari untuk software yang di butuhkan.

windows 8

Itulah kelebihan, kekurangan dan perbedaan dari ketiga Sistem Operasi yang saya pakai di Laptop. Walaupun ada beberapa kekurangan di masing-masing Sistem Operasi tidak menjadi masalah, karena bisa menjadi pembelajaran dalam diri saya.

Mohon maaf jika tidak sesuai dengan kriteria masing-masing. Karena ini hanya pendapat saya secara pribadi.

 

One thought on “Perbedaan OpenSUSE 12.3, Linux Mint 14 Nadia, dan Windows 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *