Install Broadcom Wifi pada Linux Mint 14 Nadia

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan disini.

Bahwa Linux Mint 14 Nadia tidak mempunyai kemampuan untuk mendetekti perangkat Hardware Wireless. Para pengguna Linux Mint seperti saya pun harus menginstall manual driver yang tidak bisa tersebut. Ternyata caranya cukup mudah jika kita tahu caranya :D. Cukup dengan beberapa perintah maka Driver Broadcom Wireless sudah terinstall dengan baik pada Linux Mint 14 Nadia.

Driver Wireless yang saya gunakan saat ini yaitu tipe Broadcom yang di support oleh Linux Mint 14 Nadia. Tapi jangan khawatir jika Driver anda bukan Broadcom karena secara garis besar perintah tersebut bisa di jalankan. Tetapi, butuh edit sedikit misalkan pada perintah model wifi yang di gunakan.

Berikut langkah-langkah untuk menginstall Driver Broadcom Wifi pada Linux Mint 14 Nadia :

Buka terminal, masuk hak akses sebagai root :

# su -

Pastikan Linux Mint 14 Nadia anda sudah terupdate. Seperti gambar di bawah ini. Berada di Pojok Kanan Bawah

1

Jika belum lakukan perintah :

# apt-get update

2

Tunggu beberapa saat Linux Mint anda akan melakukan up to date. Jika perintah di atas sudah di lakukan. lanjutkan dengan perintah di bawah ini

# apt-get install linux-headers-$(uname -r|sed 's,[^-]*-[^-]*-,,') broadcom
-sta-dkms

3

Perintah di atas, setelah broadcom disatukan jadi seperti ini broadcom-sta-dkms. lihat gambar atas. Jangan tanya saya kenapa perintahnya begitu. Karena memang sudah dari pembuatnya kaya gitu :D. Lalu selanjutnya :

# modprobe -r b44 b43 b43legacy ssb brcmsmac

4

Tahap terakhir lakukan perintah :

# modprobe wl

5

Tunggu beberapa saat. Karena Linux Mint mengambil data dari Internet. Setelah selesai Konfigurasi otomatis oleh Linux Mint 14 Nadia lakukan perintah terakhir dengan mengecek driver wiriless sudah terinstall apa belum. Dengan perintah :

# iwconfig

6

Jika masih belum terinstall juga coba restart Linux Mint 14 Nadia anda. Mungkin si Linux Mint butuh propagasi untuk konfigurasi yang telah di lakukan. Good Luck

4 thoughts on “Install Broadcom Wifi pada Linux Mint 14 Nadia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *