Melakukan 1 Pekerjaan Untuk Jangka Waktu 1 Tahun Kedepan

Semakin tinggi jabatan yang di emban maka semakin besar tanggung jawabnya. Serta semakin banyak pikiran dan pertimbangan yang harus dilakukan. Salah satu contoh yang besar tanggung jawabnya adalah melakukan kalkulasi atau rincian untuk pendapatan seseorang.

Di awal tahun ini PT. Excellent Infotama Kreasindo melakukan perubahan pada penggajian yaitu adanya tambahan 1 item slip gaji untuk masing-masing personalia yang di proses setiap tanggal 15 atau pertengahan bulan. Untuk hal ini sebenarnya tidak ada masalah bagi saya pribadi, karena sama seperti pekerjaan yang biasa di kerjakan.

Perbedaannya kalau gaji yang di proses tiap akhir bulan dilakukan via Transfer Bank sedangkan untuk gaji yang di proses setiap pertengahan bulan ini via Cash. Karena nominalnya yang tidak terlalu besar.

Prosesnya cukup sederhana saja, saya minta tim untuk mempersiapkan amplop serta dana-nya lalu diberikan ke masing-masing personalia sesuai dengan rincian dan konfirmasi dari personalia via sosial media. Namun setelah diberikan ke masing-masing personalia, menurut saya ada yang tidak sesuai prosedur. Yaitu tidak adanya slip atau rincian gaji tersebut. Karena personalia hanya menerima uang total saja tanpa tahu rinciannya berupa hardcopy.

Karena kalau Gaji Bulanan tersedia slip gaji yang bisa langsung di download oleh masing-masing personalia. Hal ini menjadi janggal dan tidak adil karena menurut saya tidak ada transparansi untuk rinciannya seperti gaji bulanan.

Karena belum ada dokumen tersebut. Saya berseluncur di internet bagaiman contoh slip gaji. Karena tidak menemukan yang cocok akhirnya saya buat sendiri templatenya menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Template yang sesuai dengan kemauan dan kebutuhan saya kedepannya. Template ini akan berguna untuk selanjutnya, karena akan memudahkan saya untuk melakukan rincian gaji personal. Karena cukup melakukan beberapa input sudah keluar totalnya.

Jadi saat personalia mendapatkan gaji kedua, maka yang dia dapatkan di dalam amplop adalah uang cash dan rinciannya kenapa bisa dapat total uang seperti itu. Jadi kalau misalkan ada kesalahan dari perhitungannya bisa langsung melakukan komplain dan saya bisa langsung mengeceknya.

Jadi template yang saya kerjakan sekali ini bisa digunakan untuk 1 tahun kedepan atau seterusnya. Memang capek diawal tapi kedepannya bisa lebih santai 🙂

Keep Learning

About Maryadi Aris Munandar

Maryadi Aris Munandar, Penulis di ackoy.com dan Taman Bacaan Excellent. Tinggal di Bandung. Status sebagai Mahasiswa dan salah satu staff di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Dapat di hubungi pada alamat akoy [at] excellent.co.id

View all posts by Maryadi Aris Munandar →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *