Cerita dan Tips Mengambil Sertifikasi VMware Certified Professional (VCP)

Maryadi Aris Munandar – Semua berawal pas ada program dari Distributor VMware. Untuk meningkatkan level partner VMware PT. Excellent Infotama Kreasindo dari sebelumnya Professional menjadi Enterprise. Kendala yang di alami Excellent untuk menjadi Enterprise Partner adalah belum adanya pemegang sertifikat VMware Certified Professional (VCP). Syaratnya sendiri adalah 2 buah sertifikat VCP. Setelah melakukan diskusi dengan semua tim, maka disepakati yang akan mengambil ujian VCP adalah saya dan Arif Rahman Hakim. Hati saya pun langsung dag dig dug. Bukan karena senang bisa exam VCP, tetapi melihat biaya yang akan di pertanggungjawabkan untuk exam tersebut. Training + Exam sendiri LK $4000. Hati pun berbicara terus menerus “Modar kalau sampai gak lulus, gaji 1 tahun broooo” :'(.

Beberapa hari setelah diskusi tersebut. Pihak distributor memberikan info perihal training yang bisa kami ambil. Training Fast Track. Training ICM (Install, Configure, Manage) + vSAN. Karena sifatnya Fast Track biayanya pun menjadi lebih murah. LK $2500. Yups lebih murah menurut pihak Disti dan tetap mahal bagi kantong kami. Bayangkan saja mengambil sertifikasi IT setara dengan mengambil 2 motor bebek atau sejenisnya. Plus pertama kalinya bagi kami mengambil sertifikasi semahal itu.

Oia untuk mengambil exam VCP, diwajibkan terlebih dahulu untuk mengikuti training resmi dari VMware. Training harus di VMware Authorized Training Center. Karena pada saat training nanti, setiap hari kita harus melakukan absen ke pihak VMware.

TRAINING

Training diadakah selama 5 hari. 3 hari untuk ICM dan 2 hari untuk vSAN. Karena training ini sifatnya Fast Track, maka materinya menjadi di padatkan. Training ICM sendiri defaultnya adalah 5 hari. Untuk materi ICM (Install, Configure, Manage) secara garis besar kami sudah pernah mencobanya. Karena pihak Excellent membuat buku perihal materi VMware ICM. Check this link.

Source : http://www.arifrahman.net/2018/07/29/pengalaman-mengambil-sertifikasi-vcp-vmware-certified-professional/

Training selama 5 hari lancar jaya tidak ada masalah. Cuma kepala terasa mumet, karena materinya yang dipadatkan. Bahkan ada beberapa materi yang di ajarkan hanya lisan saja. Untuk prakteknya di rumah. Tetapi tetap saja namanya manusia, begitu sampai rumah bukannya buka laptop tetapi malah langsung molor. Karena perjalanan dari Jakarta ke Bekasi pas jam sibuk sangat terasa sekali.

Saya tidak banyak mengulas tentang trainingnya. Karena trainingnya Fast Track. Ceritanya pun menjadi Fast Track. Cukup 1 foto di atas untuk membuktikan bahwa saya ikut training VMware :-D. Karena No Pict = Hoax. Hehehehe

Exam vSphere Foundation 6.5

Proses exam kami lakukan 3 bulan sehabis training. Benar, 3 bulan dari April s/d Juli 2018. Kami yang santai – santai dan sibuk dengan kerjaan, melupakan deadline yang harus kami penuhi yaitu Exam VCP. Tanggal 20 Juli 2018 merupakan Deadline yang diberikan oleh pihak Distributor. Pihak Distributor reminder ke kami tanggal 13 Juli 2018. Seketika langsung saya dan mas Arif panik.

Kami berdua sepakat untuk Exam dilakukan pada tanggal 20 Juli 2018. Tepat deadline yang diberikan oleh pihak Disti. Kami sudah siapkan mental andai kata gagal dalam exam-nya. Kami berdua baru ingat bahwa untuk Exam VCP harus sudah lulus exam vSphere Foundation 6.5.

Wow, Wow, Wow Amazing. 5 hari untuk 2 exam.

Saya membuat rencana dengan detail sebagai berikut 3 hari untuk proses pembelajaran 2 hari untuk Exam. Namanya rencana kadang bisa belok bisa lurus. Saya termasuk tipe pembuat rencana yang kadang kala belok hehehe. 3 hari yang rencananya untuk belajar. 2 hari saya gunakan untuk mengerjakan tugas harian. Tanpa menyentuh pembelajaran tentang VMware.

SKS. Itulah yang saya gunakan untuk persiapan ujian Exam. Sisa sifat Mahasiswa masih sangat melekat. Banyak artian dalam SKS tersebut.

SKS (Sistem Kebut Sejam).

SKS (Sistem Kebut Sehari).

Dan masih banyak SKS lainnya yang tidak perlu di jabarkan satu persatu.

Ujian pertama adalah lulus exam vSphere Foundation 6.5. Hari Rabu, 18 Juli 2018 selepas makan siang saya baru melakukan persiapan. Persiapan pertama adalah latihan soal ujian. Bisa saja latihan soal di web VMware. Tetapi harus bayar beberapa dollar. Sifat mahasiswa keluar kembali, daripada bayar latihan soal di web VMware, mending selancar di internet hehehe. Ada total 150 soal yang saya pelajari. Semua soal bermacam-macam ada yang sifatnya teknis, ada juga yang sifatnya Marketing. Seperti model lisensi VMware, sampai default password VMware.

Kamis, 19 Juli 2018. Persiapan mengambil Exam vSphere Foundation. Online via Pearson VUE. Itulah skema Exam vSphere Foundation 6.5. Saya mengambil exam vSphere Foundation 6.5 sehabis ishoma. Memilih waktu tersebut dikarenakan relatif pekerjaan yang santai. Sedikit muncul notifikasi perihal email dll. Khawatir tetap tidak fokus saat Exam. Sebelum ujian, saya hanya membuka 1 Tab saja. Tab khusus untuk Exam. Ujian dilakukan kurang lebih 2 Jam. Proses ujian berjalan dengan lancar. Alhamdulillah dari semua soal yang keluar. Rata – rata saya bisa menjawabnya.

Karena pekerjaan di bidang Sales & Marketing dan sedikit bisa teknis. Pertanyaan perihal model lisensi, install, configure dan manage bisa dapat dilalui.

Yeayyy 1 tahap sudah selesai di lakukan.

Tidak ada waktu untuk santai. Lanjut latihan soal. Ujian yang lebih berat, seberat latihan soal yang ada. Total latihan soal 200.

Exam vSphere Certified Professional (VCP)

Jum’at, 20 Juli 2018 hari penting itu tiba. Hari sebelumnya, niatnya saat pulang kerja dan sampai rumah mulai latihan soal Exam. Ternyata saya kelelahan dan langsung tidur. Terbangun jam 4 karena kepikiran belum latihan soal. Bangun tidur langsung buka laptop untuk 200 soal. Selepas selesai lalu saya berkemas untuk bersiap berangkat ke markas.

Sesampainya di markas PT. Excellent Infotama Kreasindo. Langsung saja saya membuka Laptop kembali. Bukan untuk membuka email, tetapi untuk membuka latihan soal VCP lagi. Pagi itu saya hanya fokus latihan soal, latihan soal dan latihan soal.

Exam VCP sifatnya sama seperti Exam vSphere Foundation. Online via Pearson VUE. Cuma perbedaannya kalau Exam VCP harus onsite ke lokasi Training Center VMware.

Jam 10 kami bersiap untuk berangkat ke tempat Exam. Lokasi Exam bisa di pilih saat register ke portal MyLearn VMware. Ada banyak pilihan lokasi Exam. Waktu Exam juga bisa kita atur. Kami memilih lokasi Exam di kantor I3 (Inovasi Informatika Indonesia) jam 2 siang. Lokasinya di Jln. Gatot Subroto Jakarta. Samping kantor Distributor VMware.

Kami berdua tiba di lokasi jam 13.30 WIB. Sebelum masuk ke tempat ujian. Kami harus menyimpan semua barang di locker. Ya benar semua barang. HP, Laptop. Jaket dan lain-lain. Saya masuk paling pertama ke tempat ujian, mengisi semua Form Pearson VUE serta di foto dulu. Sebagai bukti bahwa benar kami yang mengikuti ujian. Bukan di wakilkan atau Joki Ujian. Hehehehe

Pada saat mengerjakan soal Exam. Komputer tempat saya ujian mengalami masalah. Wah alamat buruk nih. Saya pun panik dan langsung mencari petugas dari pihak tempat training Center VMware. Gimana kalau jawaban yang sudah di kerjakan menjadi hilang, sedangkan waktu terus berjalan. Panik sepanik – paniknya orang panik. Setelah di cek ternyata kabel jaringannya longgar. Hadeuhhh. Alhamdulillah jawaban yang sudah di kerjakan tidak hilang dan waktu ujian pun stop.

Total ada 70 soal Exam VCP. Tipe soal ada yang multiple. Jadi 1 soal bisa saja jawabannya lebih dari 1. Susahnya Exam VMware di bagian tersebut. Kurang lebih 1 setengah jam mengerjakan soal. Jam 15.30 sudah selesai, saat klik Finish hati dag dig dug. Karena tombol itu penentuannya.

Karena saya pede dengan ujiannya. Alhamdulillah hasilnya :

PASS

PASS

PASS

Oke, itu adalah cerita saya ketika Exam VCP. Alhamdulillah plong, wajah kami berdua berseri. Padahal sebelumnya muka kusam dan kucel. Cerita selanjutnya adalah beberapa tips dari saya untuk persiapan Exam VMware. Tips ini murni dari pribadi. Ambil baiknya, buang buruknya.

Tips Ujian Exam VCP

  1. Berdoa, Pertama dan paling pertama. Sebelum kita ujian dimanapun kita harus berdoa. Agar dilancarkan semua niat kita. Di lancarkan pada saat ujian. Berdoa agar tidak ada masalah saat ujian. Masalah kecil maupun masalah besar. Karena kita gak tahu apa yang akan terjadi pada saat ujian. Seperti cerita saya di atas yang mengalami masalah dengan Komputer saat ujian.
  2. Latihan dan Usaha, Kita harus sering-sering latihan untuk persiapan ujian. Latihan berupa Teori dan Praktek. Teori dengan latihan soal-soal perihal materi VCP. Praktek tentang simulasi Lab yang pernah di ajarkan. Usahakan latihan minimal 1 minggu sebelumnya. Jangan seperti saya, latihan dengan metode SKS. Meskipun metode tersebut kadang kala berhasil. Heheheheh. Tetapi tidak menjamin.
  3.  Berpikir Positif, Yakin bahwa kita bisa lulus. Harus optimis dan pede dengan kemampuan diri sendiri. Berpikir bahwa itu adalah tantangan untuk diri ini agar menjadi lebih baik. Karena apa yang tidak mematikan kita, akan mendewasakan kita.

Berikut beberapa tips dari saya agar bisa lulus ujian VMware. Atau ujian sertifikasi lainnya, yang kedepannya akan kita ambil.

Akhir dari semua kegiatan di atas adalah sukses. Sukses untuk Excellent yang sudah resmi menjadi Enterprise Partner VMware (tepuk tangan) :

PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai VMware Partner Enterprise Solution Provider

RESMI

Maryadi Aris Munandar VSP, VTSP & VCP DCV

About Maryadi Aris Munandar

Maryadi Aris Munandar, Penulis di ackoy.com dan Taman Bacaan Excellent. Tinggal di Bandung. Status sebagai Mahasiswa dan salah satu staff di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Dapat di hubungi pada alamat akoy [at] excellent.co.id

View all posts by Maryadi Aris Munandar →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *