Step by Step Pembersihan Cache/Caching Komputer

Kemarin hal aneh terjadi pada website saya. Ketika saya ingin menulis sesuatu tulisan saya yang bulan Mei pada hilang semuanya. Saya cek di coba cek di website ackoy.com Ternyata post yang Bulan Mei tetap gak ada. Di post terakhir website adalah dari Bulan April. Merasa ada yang aneh saya pun bertanya ke blog sebelah untuk membuka website saya. Ternyata pas dia buka di Laptopnya tulisan saya yang bulan Mei ternyata ada. Ini pun menjadi keanehan di Laptop saya.

Jika anda mempunyai kesamaan kasus seperti saya. Yang buka website gak ada perubahan meskipun sudah dirubah/setting. Lakukan step by step cara ini :

  1. Bersihkan cache dan caching dari Web Browser anda dengan cara Pilih Tools > Clear Recent History.
  2. Masuk ke Admin Website apakah sudah ada perubahan atau belum. Jika anda memasang Plugins WP- Super Cache cek apakah settingan tersebut sudah sesuai atau belum.
  3. Jika belum ada perubahan buka Terminal atau Run > cmd kalau di windows
  4. Ping website anda contoh ping ackoy.com lihat hasilnya.
  5. Jika ok dengan pesan Reply. Cek dengan nslookup website anda contoh nslookup ackoy.com
  6. Ternyata pas di nslookup disini masalahnya yaitu DNS. Cek DNS di ackoy.com dan koneksi internet anda.
  7. Jika anda menggunakan wifi seperti saya waktu itu. Arahkan DNS wifi ke Google dengan memasukkan 8.8.8.8 dan DNS kedua ke 206.67.222.222  di menu pengisian DNS. Hal sama anda lakukan jika menggunakan Internet Kabel.
  8. Semestinya cara tersebut sudah membuat website anda kembali normal. Seperti website saya saat saya coba cek tulisan/perubahan yang dilakukan sudah kembali seperti semula.

PS : Walaupun cara-cara diatas belum bisa mengembalikan settingan dan perubahan yang telah anda lakukan seperti semula. Cobalah searching di Google tentang permasalahan yang anda alami. Karena begitu banyaknya informasi tentang permasalahan yang mungkin anda alami. Good Luck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *