Melindungi File Gambar Dari Hotlinking Menggunakan cPanel

Salah satu musuh dari seorang penulis/blogger di website/blog adalah masalah Hotlink. Hotlink adalah suatu cara mencuri bandwidth gambar dari website/blog kita dan meletakkan gambar tersebut di Entri kita. Sehingga Bandhwidth website kita akan dimakan oleh Hotlinking tersebut. Jika kita pengguna Blog semacam WordPress dan Blogspot yang gratis tentu saja hal tersebut tidak masalah. Tetapi bagaimana jika kita ngehosting di tempat lain. Lama kelamaan website kita akan habis Bandwidthnya sehingga overspace susah di akses. Bagi orang awam yang tidak tahu masalah ini mungkin dia akan menambah hosting bandwidthnya dan pengeluaran pun menjadi bertambah.

Di post kali ini saya akan menggunakan cara melindungi dari Hotlinking dengan cara cPanel. Jika anda dikasih hak akses cPanel maka anda bisa melakukan dengan sendiri. Cara-cara melindunginya adalah sebagai berikut

  • Pertama masuk ke cPanel anda. namawebsite/cpanel
  • Masukkan username dan Password

cpanel

  • Search Hotlink atau bisa juga cari di Menu Security > Hotlink Protection. Klik

hotlinks

  • Aktifkan Hotlink dengan cara klik Enable
  • Tambahkan setting jika diperlukan di bagian kotak menu Hotlink protection. Submit

hotlinks1

Sampai konfigurasi ini untuk melindungi dari masalah Hotlinking sudah selesai. Sehingga beberapa file gambar sudah terlindung dari Hotlinking.

Buka link dibawah ini untuk mengetes apakah sudah terlindungi atau belum dengan memasukkan salah satu image url website anda :

http://altlab.com/hotlinkchecker.php

Selamat mencoba

Check This Video :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *