Cara Membuat Contact Form Page di WordPress

Contact form adalah salah satu cara berkomunikasi antara penulis dan pembaca selain menggunakan kolom komentar. Fungsi dari contact form ini bisa dibilang bentuk komunikasi yang bersifat privasi. Karena hanya satu sama lain. Orang lain tidak bisa mengetahuinya dibandingkan dengan kolom komentar yang bersifat menyeluruh.

Untuk pengguna blog WordPress Contact Form sudah disediakan dalam bentuk Plugins. Di tulisan kali ini saya menggunakan Contact Form 7 cara installasinya pun mudah dengan mengikuti cara ini

Cara yang diatas tersebut installasi pluginsnya sama, Tetapi pas pencarian ganti menjadi Contact Form 7. Install lalu aktifkan maka saat anda sudah aktifkan akan muncul menu Contact biasanya menu Contact ini berada di bawah menu Comments.

Klik menu Contact maka akan muncul tampilan menunya. Klik Contact form 1 > Edit. Di saya namanya contact form 1. Jika berbeda sesuaikan dengan punya anda.

contact

Tahapan yang perlu dilakukan untuk buat Contact Form adalah mengarah email contact ke email yang kita punya dengan cara : scroll ke bawah sampai menemukan bagian mail. Ketikkan alamat email anda lalu Save.

contact1

Itu baru settingan awala untuk Contact Form. Selanjutnya adalah tahapan final pembuatan Contact Form Page. Pertama yang perlu di lakukan adalah copy shortcode yang ada di menu Contact. Contoh tampilan bisa lihat di gambar yang paling atas. Setelah itu buat Page baru dengan cara pilih Menu Pages > Add New.

Untuk judulnya bisa pake Kontak, Hubungi Saya dll. lalu paste shortcode yang telah anda copy ke bagian tulisan seperti di bawah ini.

contact2
Setelah selesai klik Publish. Maka semestinya pas saat anda buka website anda di bagian Page Kontak yang telah anda buat akan muncul tampilan ini :

contact3

Selamat Mencoba dan Good Luck !!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *