Instalasi Format Junkie di Linux Mint 14 Nadia

Format Junkie adalah software/aplikasi pengubah format video ataupun musik di Linux. Format Junkie seperti software Format Factory yang di windows. File ini di perlukan untuk meminimalisirkan besarnya suatu video. Misalkan jika filenya berekstensi .avi maka jika di konvert ke file yang lain bisa lebih kecil.

Setelah mengetahui ada software bernama Format Junkie. Saya langsung melakukan installasi di Linux Mint 14 Nadia saya. Berikut cara-cara yang saya lakukan hingga si Format Junkie ini berhasil terinstall di Linux Mint 14 Nadia.

Buka Terminal dan masuk hak akses sebagai root dengan perintah

# su -

Masukkan password root

Setelah itu tambahkan repo Format Junkie di Repository anda :

# sudo add-apt-repository ppa:format-junkie-team/release

formatjunkie

Si Linux mint akan membuat repo baru yang akan di arahkan ke Repositorynya Format Junkie.

Setelah berhasil update dan upgrade lah Linux Mint anda setelah anda menambahkan repo baru :

# sudo apt-get update
formatjunkie1
# sudp apt-get upgrade

formatjunkie2

Setelah Linux Mint anda terupdate ini adalah tahapan final untuk intsallasi Format Junkie yaitu dengan satu buah perintah.

# sudo apt-get install formatjunkie

formatjunkie3

Tekan Y. Tunggu sampai instalasi selesai. Jika sudah selesai buka Format Junkie di menu > search Format Junkie maka seharusnya muncul tampilan seperti di bawah ini.

formatjunkie4

Jika muncul tampilan seperti yang di atas maka installasi telah berhasil. Untuk mengkonvert tinggal tekan Start Converting.

5 thoughts on “Instalasi Format Junkie di Linux Mint 14 Nadia

  1. Orang sukses says:

    Keren juga artikel nya, 🙂

    He2, kalo boleh OOT, nih cuma saran aja, jangan pakai WP Mobile Pack karena akan menambah indeks url di Google : https://ackoy.com/2013/04/19/installasi-format-junkie-di-linux-mint-14-nadia/?wpmp_switcher=mobile, kelihatan di Google Webmaster, selain itu juga temanya kurang asyik. He2,

    Saranku menggunakan yang ini http://wordpress.org/extend/plugins/wpms-mobile-edition/ terus temanya minileven biar kayak WordPress.com, cara lengkapnya bisa lihat disini: http://aguss.web.id/tema-minileven.html

  2. Saran saya, menginat mayoritas Indonesia adalah pengguna tanpa internet, maka sebaiknya akang unduhkan .deb yang diperlukan untuk instalasi ini lalu akang unggah ke server lalu biarkan pengunjung akang mengunduhnya langsung. Nanti tinggal sudo dpkg -i *.deb saja perintah di sisi pengunjung akang. Tidak usah sambung internet dari komputer dia.

    Bisa juga akang baca skrinsot tadi lalu ambil .deb yang sama namanya dari .var/cache/apt/archives akang. Ini akan memudahkan pengguna. Terima kasih, Kang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *