Jangan Lupa Untuk Selalu Update Ilmu-mu

Ada teguran dalam minggu ini. Teguran ini berupa bahwa kita harus selalu mengupdate ilmu yang di punya.

Jadi ceritanya begini. Kemarin saya ada pekerjaan pengadaan di sebuah instansi pemerintah. Saya sangat pede ini pekerjaan mudah karena saya sudah pernah menangani dan mempersiapkan sebelumnya. Semua persiapan dokumen berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala untuk mempersiapkannya. Kendala baru muncul pada saat saya ingin melakukan upload dokumen penawaran tersebut. Pada saat login di sistem lelang pemerintahan. Saya tidak menemukan tombol untuk kirim dokumen lelang.

Padahal biasanya selesai melakukan encrypt penawaran dengan menggunakan aplikasi Apendo. Saya langsung dengan mudah upload penawaran seperti biasa. Saya pun mulai kebingungan. “Ini bagaimana lagi cara uploadnya”. Saya sempat tanya ke kenalan yang biasa menangani tender di pemerintahan. Sudah ikutin yang di info tapi tetap bingung cara upload penawarannya.

Saya hari itu pun langsung pulang karena sudah jam pulang kerja. Gak meneruskan karena saya pikir kalau lagi pusing gak bakalan ketemu solusinya. Jadi lebih baik istirahat terlebih dahulu. Lupakan dahulu semuanya. Pas besok pagi baru di cek kembali

Keesokan paginya pas pagi-pagi sebelum menangani kerjaan harian. Saya pun langsung cari solusinya.

Saya langsung search di YouTube. Lihat semua video yang ada. Alhamdulillah langsung ketemu solusinya. Ternyata per awal bulan September ada pembaruan sistem. Dari yang sebelumnya spse v3 menjadi spse V4. Di spse v4 ini untuk upload penawaran di lakukan menggunakan Apendo. Tidak menggunakan website lagi seperti v3. Jadi v4 ini semua menjadi satu. Encrypt, penawaran dan upload penawaran semuanya dilakukan menggunakan aplikasi

Kendala tidak berhenti sampai situ saja. Ternyata pada saat saya ingin melakukan instalasi aplikasi Apendo terbaru. VM Windows saya muncul problem dan tidak bisa melakukan instalasi. Saya pun berpikir daripada coba cari tahu masalahnya. Coba dulu saja pakai VM Windows di laptop rekan saya. Ternyata tetap tidak bisa. Saya langsung coba siap-siap melakukan instalasi Windows terbaru di server. Pas mau melakukan instalasi saya melihat ada VM Windows rekan saya yang nyala. Saya pun kepikiran untuk coba di VM tersebut. Karena daripada install Windows terbaru yang membutuhkan waktu lebih lama. Toh tidak ada salahnya untuk di coba. Gokilnya Alhamdulillah bisa dan lancar tanpa kendala.

Saya ambil kesimpulan bisa jadi karena versi Windows yang digunakan saya ada packet-packet yang tidak bisa di support. Kebetulan saya menggunakan Windows 7 sedangkan rekan saya menggunakan Windows versi 10. Selepas itu proses upload pun berjalan lancar dan tidak menemukan kendala. Saya cek di website pun lancar dan sudah ke record perihal pengiriman penawaran dari kami.

Berdasarkan cerita di atas. Saya pun berpikir jangan lupa untuk selalu mengupdate ilmu yang dipunya. Kalau bisa update setiap hari atau per bulan. Karena di generasi milenial ini. Jika kita tidak bisa mengikuti perkembangan zaman atau update ilmu yang di punya. Kita akan tertinggal.

Belajar secara otodidak tidak masalah yang penting ada update ilmu terbaru. Seperti hal-nya ketika saya pertama kali menangani lelang dan buta sama sekali apa yang mesti di kerjakan. Semangat !!!

About Maryadi Aris Munandar

Maryadi Aris Munandar, Penulis di ackoy.com dan Taman Bacaan Excellent. Tinggal di Bandung. Status sebagai Mahasiswa dan salah satu staff di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Dapat di hubungi pada alamat akoy [at] excellent.co.id

View all posts by Maryadi Aris Munandar →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *