Cabang dari Ilmu Biologi

berikut ini saya tuliskan adalah tentang sebuah cabang dari ilmu IPA yaitu ilmu biologi dan pengertiannya yang mungkin saja dapat bermanfaat bagi ilmu dalam diri kita sendiriĀ  dan orang lain yang berada di sekitar kita

cabang dari ilmu biologi :

1. Anatomi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan tubuh makhluk hidup dalam kehidupannya di dunia .

2. Bakteriologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk bakteri dan kehidupannya termasuk semua bakteri yang tidak kasat dengan mata.

3. Botani – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk tumbuhan dan kehidupannya yang dari kecil hingga menjadi besar semuanya di pelajari di ilmu ini .

4. Ekologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk makhluk hidup dengan lingkungan alam tempat tinggalnya (habitat) yang berada dalam kehidupan bermasyarakat .

5. Embriologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk pengkembangan suatu organisme semenjak berbentuk telur hingga menjadi embrio.

6. Entomologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk serangga beserta kehidupannya sampai dia menjadi serangga dewasa. semuanya di pelajari di Entomologi

7. Evolusi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk perkembangan makhluk hidup mulai dari bentuk yang sederhana hingga yang kompleks dari yang kecil hingga menjadi dewasa.

8. Fisiologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari tentang seluk beluk proses serta kegiatan yang dilakukan oleh makhluk hidup dalam kehidupannya di dunia ini .

9. Genetika – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk penurunan sifat suatu makhluk hidup kepada keturunannya yang biasanya ini bersifat mempelajari penyakit yang turun temurun dari leluhurnya.

10. Higien – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk pemeliharaan kesehatan manusia supaya dia dapat menjadi sehat dalam menjalani kehidupannya .

11. Histologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan serta fungsi bagian-bagian yang ada pada jaringan makhluk hidup. sampai semua sel-sel dalam makhluk hidup di pelajari di ilmu biologi yang satu ini.

12. Mikrobiologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk organisme renik (mikro) serta kehidupannya.

13. Palaeontologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk kehidupan makhluk hidup di masa lalu serta kehidupannya dengan mempelajari fosil yang berasal dari masa lampau biasanya orang yang mempelajari ini sifatnya mirip dengan seorang arkeologi bahkan mungkin memang arkeologi.

14. Parasitologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk parasit, baik pengaruh terhadap makhluk hidup lainnya maupun kehidupannya.

15. Sitologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan serta fungsi bagian-bagian yang ada pada sel makhluk hidup dari yang buruk selnya sampai yang bagus.

16. Virologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk virus, baik pengaruh terhadap makhluk hidup maupun kehidupannya .

17. Zoologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk hewan serta kehidupannya yang semuanya dipelajari dari Herbivora, Karnivora, dan juga Omnivora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *