Membongkar 7 Rahasia WhatsApp yang Masih Jarang Diketahui

Kamu pasti sudah tak asing dengan aplikasi WhatsApp. Aplikasi pesan instan yang cukup populer di Indonesia. Sepintas WhatsApp seperti SMS yang lebih dulu kita kenal. Bedanya, SMS menggunakan pulsa, sedangkan WhatsApp menggunakan kuota internet.
Namun seiring perkembangannya, WhatsApp juga bisa digunakan untuk berdiskusi, bertukar informasi, menelepon, video chat, dan sebagainya. Aplikasi gratis ini juga bebas iklan, ringan, dan mudah digunakan, sehingga banyak pengguna Android yang memilihnya.
Tapi tahukah kamu, bila WhatsApp memiliki beberapa rahasia. Ada fitur-fitur menarik yang masih jarang diketahui oleh para pengguna WhatsApp. Fitur-fitur yang akan sedikit kita bongkar di pembahasan kali ini. Di antaranya:

Sumber gambar: eltabloide.com.co

 

Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru di Chat

Dua centang berwarna biru menandakan bahwa pesan telah terkirim dan terbaca. Bagi sebagian orang fitur ini kurang menguntungkan karena pengguna tidak bisa leluasa membalas pesan. Namun, saat ini centang tersebut bisa diatasi dengan sedikit mengubah pengaturan. Coba masuk ke menu “Setting” lalu “Account“, lalu “Privacy“. Kemudian hilangkan centang pada pilihan “Read Receipts“.

Cara Cek Kapan Pesan Dibaca dan Oleh Siapa

Kamu perlu tahu bahwa aplikasi yang menggunakan paket internet untuk tetap online ini, juga bisa mengetahui kapan pesan dibaca dan oleh siapa. Ini berlaku untuk pesan pribadi maupun grup. Fitur yang menarik, ketika sudah banyak pengguna menghilangkan centang biru.

Jadi, kamu bisa mengecek orang-orang tertentu yang ingin diketahui apakah sudah membaca, atau hanya silent reader. Caranya, tap dan tahan sejenak pesan yang kamu kirim. Lalu, tekan tombol info yang muncul di atas. Di sini kamu bisa melihat siapa yang telah membaca pesan dan pada jam berapa.

Cara Mematikan Notifikasi Grup Sementara Waktu

Kamu pasti memiliki grup di WahtsApp. Jika grup tersebut sedikit ‘diam’, mungkin tidak masalah. Tapi, adakalanya grup tersebut terlalu ‘berisik’ karena banyak anggota yang tak kenal waktu melakukan chat seenaknya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mematikan sejenak notifikasi tersebut.

Caranya, tap profil grup, lalu pilih mute dan pilih berapa lama notifikasi akan dimatikan. Jika ingin mematikan notifikasi untuk semua grup di WahtsApp, caranya masuk ke “Setting“, lalu “Notifications“. Selanjutnya atur nada, vibrate, dan pop-up notfikasi percakapan di grup.

Cara Menghentikan Unduh Media Secara Otomatis

Unduh foto, video, dan media lain yang dibagi di WhatsApp sangat mempengaruhi penggunaan kuota. Untuk itu hilangkan pengaturan otomatis, agar lebih hemat. Caranya masuk ke “Setting” lalu klik “Data Usage” dan atur sesuai keinginanmu. Jika masih boros kuota, kamu perlu cari tahu sumber penyebabnya atau mengisi ulang pulsa dan paket data secara online di Traveloka.

Cara Shortcut Chat di Homescreen

Fitur ini memudahkan kamu melakukan chat dengan orang tertentu seperti kekasih, suami-istri, dan sebagainya. Kamu yang sering berinteraksi bisa dengan cepat membaca, membalas, dan sebagainya, tanpa perlu bolak-balik membuka tutup WhatsApp. Carannya, tap dan tahan percakapan, lalu pilih “Add Chat Shorcut“. Shortcut tersebut akan langsung muncul di layar utama ponselmu.

Cara Backup Chat

Adakalanya kita melakukan chat dengan orang-orang penting atau saling bertukar informasi dan data penting. Untuk mengamankan informasi atau data itu, kamu bisa memanfaatkan fitur backup chat. Caranya, tap dan tahan percakapan yang ingin di backup. Lalu manfaatkanmenu email untuk mengirim hasil backup ke email pribadi. Kamu pun bisa memilih untuk menyertakan media atau tidak.

Cara Membuat Tulisan Unik

Untuk kamu yang bosan dengan tampilan chat yang itu-itu saja, WhatsApp menawarkan fitur menarik untuk mengubah gaya tulisan. Pertama-tama, pastikan kamu tetap online atau isi dulu pulsa via online di Traveloka. Lalu gunakan tanda berikut untuk membuat tulisan unik.

  • Gunakan tanda (_) tanpa spasi di awal dan di akhir kata untuk membuat tulisan miring,
  • Gunakan tanda (*) tanpa spasi di awal dan di akhir tulisan untuk membuat cetak tebal.
  • Gunakan tanda (~) tanpa spasi di awal dan di akhir kata untuk membuat tulisan dicoret.
  • Gunakan 3 tanda kutip terbalik (“`) tanpa spasi di awal dan di akhir tulisan dengan font FixedSys.

Demikian beberapa rahasia dan cara mengoptimalkan beragam fitur menarik di WhatsApp. Fitur-fitur yang menawarkan keseruan menggunakan aplikasi, agar kita tidak mudah bosan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *