Aplikasi Menggabungkan File PDF di Linux & Windows

Beberapa cara bisa digunakan untuk menggabungkan file berekstensi di Linux atau Windows. Dalam hal ini saya memerlukan beberapa cara agar bisa menggunakan keduanya entah itu di Linux ataupun Windows. Karena suatu saat pasti akan dibutuhkan pengetahuan ini untuk sesuatu.

Jika anda pengguna Linux entah itu versi Linux apapun anda bisa menggunakan/install aplikasi pdftk. Yaitu aplikasi penggabung file berekstensi pdf di Linux. Mudah cara penggunaan aplikasi ini di linux. Pertama hal yang perlu dilakukan adalah Install aplikasi ini lewat Terminal/Konsole.

Linux

Linux Mint, Ubuntu/Debian

[code lang=’bash’]

#sudo apt-get install pdftk

[/code]

openSUSE

[code lang=’bash’]

#zypper in pdftk

[/code]

CentOS/RedHat

[code lang=’bash’]

#yum install pdftk

[/code]

Cara diatas dikarenakan versi Linux teratas/sering digunakan. Jika anda pengguna versi Linux lain tinggal menyesesuaikan perintah install.

Setelah aplikasi pdftk di install. Berikut adalah cara penggunaannya. Contoh disini menggunakan dua buah file berekstensi pdf.

Buka terminal/konsole masuk sebagai root. Setelah itu masuk kedalam directory file berada dengan pakai command cd. Lalu jalankan perintah ini

[code lang=’bash’]

#pdftk “file pdf pertama” “file pdf kedua” output “nama tampilan/keluaran file.pdf”

[/code]

Ket :

File pdf pertama : File yang akan ditaruh di depan

File pdf kedua : File yang akan ditaruh setelah file pertama agar berurutan

Nama tampilan : Nama file yang akan digunakan untuk file keluaran. Jangan lupa tambahkan ekstensi .pdf

Maka dengan cara tersebut file berhasil digabungkan.

Windows

Untuk di windows secara by default sama saja dengan yang di Linux. Nama aplikasi menggabungkan file .pdf di Windows adalah PDFsam. Bisa di download di bawah sini

64 Bit

pdfsam 64 bit

32 Bit

pdfsam 32 bit

PDFsam

Setelah selesai di download. Klik install seperti biasa tinggal Next saja.

Jika sudah selesai buka aplikasi tersebut. Pada bagian Plugins pilih Alternate Mix. Setelah itu tambahkan file yang mau digabung. File yang paling atas adalah file yang menjadi halaman pertama. Jadi urutan bisa mempengaruhi.

Hapus centang Reverse Second Document pada bagian Mix Options. Karena jika dicentang pada halaman kedua akan di taruh di paling akhir (Reverse).

Destination Output File diisi dengan nama File yang akan diberikan. Jika sudah klik Run. Proses selesai jika sudah 100%. Setelah 100% silakan dilihat apakah sudah bergabung atau belum di tempat yang sudah ditentukan di Destination Output File.

Selamat Mencoba

Cek video dibawah ini :