Cara Install VMware Workstation Ekstensi .bundle

Untuk memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan produk Virtualization contoh VMware, Proxmox Dll. Saya pun harus terbiasa dengan tampilan dan kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi Virtualisasi. Terlebih lagi untuk VMware karena kami sebagai Partner resmi VMware di Indonesia.

Produk teknologi Virtualisasi VMware seperti vSphere untuk kelas server dan Workstation untuk kelas client. Karena keterbatasan alat untuk simulasi disini saya mengakalinya dengan belajar dari Workstation terlebih dahulu. Tampilannya yang bisa dibilang sama karena memang satu produk.

Di artikel kali ini, saya ingin berbagi bagaimana cara Instalasi VMware Workstation di Linux. Ada ilmu tambahan saat saya pertama kali Install VMware Workstation di Linux. Ketidaktahuan dan kekurangan saat pertama kali melihat file Installer berbentuk .bundle

Berikut cara Instalasi VMware Workstation di Linux. Linux yang saya gunakan untuk simulasi adalah Linux Mint yang merupakan saudara/turunan dari Debian, Ubuntu dll. Untuk Linux versi lain tinggal menyesuaikan perintah command instalasi.

Pertama silakan download file installer VMware Workstation di link berikut ini :

https://my.vmware.com/web/vmware/info/slug/desktop_end_user_computing/vmware_workstation/10_0

Untuk mendownload di VMware anda harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu untuk bisa mendownloadnya. Tenang saja untuk registrasi tidak dikenakan biaya. Atau jika susah untuk download di VMware anda bisa mendownload di link lokal yaitu

http://mirror.linux.or.id/vmware/workstation/

Untuk mendownload file Installer VMware Workstation di mirror.linux.or.id anda harus menggunakan aplikasi Download tambahan seperti Internet Download Manager untuk Windows atau Xtreme Download Manager. Karena jika anda klik bukannya mendownload tapi akan masuk ke filenya. Cara mendownloadnya klik kanan Copy Link Location lalu download di aplikasi download anda.

Setelah selesai di Download masuk ke terminal Linux anda. Masuk ke directory tempat file Installer VMware Workstation berada. Karena jika download menggunakan XDM atau IDM. Hak akses masih terkunci berikan command chmod untuk membukanya.

[code lang=’bash’]
chmod 777 namafile.bundle
[/code]

Setelah file Installer diberikan hak akses untuk instalasi. Langkah selanjutnya adalah Instalasinya. Saya sempat bingung bagaimana melakukan instalasi file berbentuk .bundle. Ternyata mudah saja karena semua file installer .bundle sama seperti .sh. Instalasi dengan cara berikut. Masuk ke dalam directory file installer lalu jalankan perintah

[code lang=’bash’]
sudo sh namafile.bundle
[/code]

Setelah itu akan muncul tampilan instalasi VMware Workstation. Tahap selanjutnya tinggal klik next, next & next sampai ketemu tombol finish.

VMware Workstation sendiri hanya bisa digunakan trial 30 day. Untuk bisa menggunakan Full Version anda harus memasukkan licensi yang diberikan oleh VMware. Tenang saja jika anda ingin menggunakan versi full bisa isi form kontak website ini. Nanti japri lisensinya.

Selamat mencoba dan bervirtualisasi

2 thoughts on “Cara Install VMware Workstation Ekstensi .bundle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *