Cara Buat Subdomain di cPanel

Ketemu lagi sama saya di sini. Udah lama gak nulis artikel lagi karena jadwal yang padat dan tugas yang berat. Kali ini saya akan mencoba menerangkan bagaimana cara membuat subdomain di cPanel. Jadi begini misalkan kita punya domain utama yaitu ackoy.com kita ingin buat website yang di belakangnya ada embel-embel ackoy.com misalkan akoy.ackoy.com.

Cara membuatnya mudah saja jika anda di kasih akses cPanel di domain utama anda. Berikut cara-caranya :

  • Masuk ke cPanel domain utama anda misalkan domainanda/cpanel

cpanel

  • Setelah itu akan muncul tampilan utama dari cPanel domain anda. Search di menu pencarian dengan kata kunci sub domain. Jika sudah ketemu subdomain maka klik menu tersebut.

subdomain

  • Create subdomain yang anda inginkan contoh akoy.ackoy.com dan klik pada bagian Document Root maka subdomain anda akan diarahkan di tempat penyimpanan. Create

subdomain1

Maka subdomain anda sudah berhasil di buat jika ingin mengeceknya silahkan klik ke public_html/akoy berada di menu bawahnya di bagian modify domain jika anda sudah pencet create. Tetapi itu belum selesai karena itu baru awalnya saja masih ada tahapan selanjutnya jika ingin mulai menjalankan website yaitu menentukan tampilan dan menggunakan WordPress,Joomla,Blogspot dll untuk subdomain anda.

Jika anda punya tampilan sendiri bisa gunakan FileZilla atau masuk ke cPanel subdomain yang baru anda buat misalkan akoy.ackoy.com/cpanel passwordnya sama seperti domain utama anda. Jika sudah masuk ke cPanel subdomain. Lakukan beberapa tahapan awal berikut ini untuk subdomain yang baru anda buat :

https://ackoy.com/2013/05/01/install-wordpress-di-cpanel/

Seharusnya jika anda mengikuti ini dengan benar maka anda sudah membuat website subdomain di domain utama anda. Selamat mencoba dan Good Luck

 Check This Video :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *