|Solved| Mengatasi Tidak Munculnya Suara di Linux Mint 14 Nadia

Masalah ini muncul ketika saya mengupdate Linux Mint 14 Nadia. Saat proses pengupdatean saya update sempet terhenti karena putus koneksi. Lalu saat saya update kembali. Lancar dan sukses. Tetapi saat saya ingin memutar musik di alat pemutar saya. Musiknya berjalan dengan lancar tetapi tidak ada suaranya.

Saya pun bingung dan mencoba edit sana edit sini. Akhirnya masalah tidak munculnya suara di Linux Mint 14 Nadia solved juga. Ternyata mungkin ini akibat dari proses update yang sempet terhenti tadi. Sehingga prosesnya mengalami gangguan di Sistem Operasinya. Berikut cara yang saya lakukan sehingga berhasil memunculkan kembali suara

Pertama pastikan semua kondisi suara memang tidak muncul di semua software/aplikasi. Karena mungkin saja saat ingin memutar musik tidak bisa. Tetapi saat membuka yang lain itu bisa.

Setelah memang tidak bisa keduanya coba cek di bagian volume apakah sudah full atau belum.

Jika cara yang diatas tidak bisa coba anda masuk ke bagian Menu > Control Center > Hardware > Sound. \

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

suara1

Cek sound yang aktif pada saat itu dengan klik bagian Hardware. Misal di saya ada 2 tipe sound.  Cari mana yang aktif dengan menekan test speaker. Jika sudah pilih sound yang aktif tersebut.

suara2

Lalu setelah itu pindah ke bagian Output. Nah ternyata letak kesalahannya di sini. Waktu itu output sound di arahkan ke sound yang bukan Hardwarenya. Pindahkan Sound yang aktif ke bagian Output.

suara3

Jika sudah selesai tekan close. Dan coba putar kembali musiknya Semestinya sudah kembali seperti semual. Jika tetap tidak muncul juga maka restart Linux Mint anda karena bisa saja si Linux Mint butuh propagasi untuk settingan yang diubah.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *