Instalasi Mikrotik pada VirtualBox

Mikrotik adalah Penjelasan

Bagi abang-abang dan nona-nona yang ingin belajar Mikrtotik tetapi susah karena perangkatnya yang kurang memadai tidak perlu pusing lagi. Masih bisa belajar dengan menggunakan Virtual Machine seperti VMWare, VirtualBox dll.

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara melakukan instalasi Mikrotik menggunakan VirtualBox. VirtualBox adalah sebuah software yang memungkinkan kita melakukan installasi secara virtual. Dan bisa gunakan OS di dalam OS.

Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah mendownload file iso Mikrotik disini

Pastikan juga anda sudah mempunyai VirtualBox bisa download langsung di Web

Setelah semuanya selesai maka langkah-langkahnya adalah yang pertama bukalah VirtualBox anda kemudian tekan New. Maka tampilannya akan seperti ini. Isilah Nama OS anda. Karena sekarang sedang menginstall Mikrotik maka namanya saya beri Mikrotik. Next

1

Selanjutnya anda akan mengisi Memory size. Saran saya setengahnya dari RAM utama aja. Saya kasih 512 dr 2 GB karena ini cuma untuk simulasi aja. Jika punya memory berlebih tidak ada salahnya jika seimbang biar ngacir. Next

2

Lalu buatlah Harddisk, Saran saya kalau ini by default aja sebagaimana adanya. Next

3

Ini pun biarkan sebagaimana mestinya, VDI. Next

4

Ini pun Next saja.

5

Buatlah size harddisknya, Gunakan secukupnya saja misal 8 GB jg sudah cukup

6

Setelah klik create dan sudah selesai. Maka langkah selanjutnya adalah klik kanan VM Mikrotik anda lalu pilih setting. Untuk General di biarkan saja karena di situ anda hanya mengganti nama saja. Masuk ke System lalu hapus Floppy karena hari ini udah pasti gak ada yang pakai Floppy.

7

Display pun biarkan sebagaimana mestinya. Masuk ke Storage di sini inti dari segala intinya. Pilih Empty lalu klik gambar CD dan pilih Choose. ambil iso Mikrotik yang sudah anda download tadi

8

Maka seharunya tampilannya seperti ini ada dua storage. Mikrotik.vdi dan file iso yang tadi anda browse. Waktu itu saya masih menggunakan versi 5.24

9

Uncheklist Audio karena menurut saya tidak perlu menggunakan audio. Tapi jika anda mau ya Enable saja. Whatever

10

Pindah ke tab Network maka rubahlah Attached to menjadi Bridged Adapter dan Namanya arahkan Network yang akan anda gunakan nanti.

11

Jika sudah selesai maka settingan untuk Mikrotiknya sudah selesai. Klik Ok maka akan muncul tampilan awal VirtualBox. Setelah mengikuti step by step selanjutnya adalah klik Start. Secara otomatis akan melakukan booting installasi Mikrotik. Jika tidak ada salah settingan maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

12

Selamat Mencoba !!. Di postingan selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan bagaimana Installasi Mikrotik dan setting IP.

Good Luck

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *