Ritme Masak nasi dan lauk mahasiswa di kosan

semua orang bisa melakukan apa saja yang dia mau. Entah dari yang langsung bisa ataupun blank tentang yang akan dilakukkannya. Semua terasa timpang karena, Ada orang yang langsung mengerti apa yang akan dikerjakannya saat dia disuruh untuk mengerjakan sesuatu. Tanpa basa – basi dia langsung kerjakan tanpa dikasih tau.

Tetapi ada yang baik ada buruk, ada pintar ada bodoh, ada Akoy ada juga Maryadi, Lho kok ?. Ada juga orang yang perlu belajar untuk melakukan sesuatu yang awam sekali dia kerjakan. Entah pekerjaan yang mudah yang biasa dilakukan. Entah juga pekerjaan yang memang susah untuk melakukannya.

Saya sendiri berada di tipe yang kedua. Karna kadang kala semua orang itu bisa sangat susah untuk melakukan pekerjaan. Dari yang kecil sudah susah sekali sampai yang besar bisa semaput. Bahkan yang bisa dibilang mudah pun. Tidak akan bisa.

Karena saya berada di tipe yang kedua. Kali ini saya akan mengshare pengalaman saya selama menjadi anak Mahasiswa Kos. Memasak dan kegiatan lainnya harus dilakukan dengan sendiri. Tanpa bantuan orang lain jika memang bisa melakukkannya sendiri. Itulah kehidupan alami anak Kosan.

Bukannya enak karena bebas. Tetapi bisa berat dilaksanakan. Ada enak dan tidaknya menjadi anak kos. Untuk kebutuhan pangan, sandang dan papan pun harus bisa menyiasatinya dengan baik. Jika tidak booom, hancur seketika.

Yang penting adalah kebutuhan perut. Karena segala kegiatan harus perut yang terisi. Memasak nasi adalah pekerjaan yang bagi sebagian orang itu mudah. Tetapi itu menjadi pekerjaan yang sulit dilakukan karena butuh tangan yang halus. Halus disini adalah terampil. Entah alur ritme masaknya dan stepnya itu harus baik-baik dijalankan. Jika tidak booom lagi.

Karena saya tipe yang kedua. Saya minta diajarin ibu saya bagaimana masak nasi yang benar. Beras ukuran untuk gelas kecil. Sudah lebih dari cukup untuk tipe anak kos. Kenapa saya minta ajarin masak bukan minta yang lainnya seperti minta mobil. Karna bisa semaput tidak makan selama setahun. Ok itu nanti bisa booom bagi keluarga saya. Ya sederhana saja alasannya yaitu karna hemat atuh. Kan harus bisa menyiasati kebutuhan dengan sangat baik.

Pengalaman untuk masa depan. Membuat menjadi manusia yang lebih baik dengan menambahkan ilmu memasak bagi mahasiswa. Ketika itu saya diajarin masak nasi menggunakan magic com. Karna lebih spesifik dan mudah bagi mahasiswa yang menemukan ilmu memasak tanpa bingung. Kalau ada yang lebih mudah kenapa milih yang susah. So.

Pertama stepnya untuk memasak nasi adalah :

      1. Siapkan beras dan masukkan beras didalam gelas kecil, karna bagi saya itu sudah lebih dari cukup untuk makan. Tapi sebisa mungkin gunakan beras dengan secukupnya karena bisa mubazir nantinya, terbuang percuma dan kasihan bisa sedih nasinya.

2. Setelah itu, cuci beras tersebut dengan misalnya baskom. Cuci dan bilas menggunakan rinso anti noda pasti akan hilang seketika (Well itu salah). Yang benar adalah cuci dengan air bersih sampai menurut anda sudah cukup bersih. Saran saya cuci dengan air sebanyak lima kali, karna di ajarinnya seperti itu. Jika ukurannya seperti di atas. Inget cucilah dengan sampai bersih karena buat diri sendiri.

3. Masukkan beras yang sudah dicuci tadi, kedalam magic com untuk dimasak. Jangan lupa tambahkan air ke dalam magic com. Untuk satu gelas kecil. Biasanya ukurannya adalah satu penuh air ditambah sedikit. Secukupnya

4. Tunggu sampai beberapa menit, karena biasanya untuk satu gelas kecil itu tidak memerlukan banyak waktu untuk memasak. Dan jangan lupa untuk memindahkan tombol ke cock yang awal warm. Karna jika lupa berarti cuma manasin aja tuh beras gak akan berubah jadi nasi. Booom jika itu terjadi.

5. Setelah selesai memasak, ambil beras yang sudah dimasak menjadi nasi. Untuk dihidangkan bagi diri sendiri. Mantabs

Biasanya memasak dengan tangan sendiri dan buat sendiri itu lebih nikmat dan enak. Daripada beli makanan diluar dan cepat saji. Ya walaupun harus memasak dengan sepenuh hati untuk hasil yang memuaskan.

Memang tidak seenak dan selezat makanan yang lain. Tapi lebih lezat dan puas di diri sendiri.

Untuk umum dan khususnya Mahasiswa kosan.

Well selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *