20 gaya posting dalam blog

Kesempatan kali ini saya akan mencoba menerangkan apa saja ilmu yang saya dapat dari  Amprokan Bloggeer dari seseorang yaitu Mas Romisatriawahono atau sering di lihat di blognya yaitu romisatriawahono.net yang merupakan penulis atau seorang yang publishkan tulisannya atau karyanya di ilmukomputer.com

Yang saya dapat dari dia adalah tentang apa saja gaya dalam memposting blog dan macam-macamnya.tapi yang  dapat saya tangkap  dari dia adalah hanya 20. Tapi kalau menurut saya masih banya gaya postingan dalam blog yang sangat bagus dalam memperbaiki blog seseorang.

Berikut gaya dalam posting blog dan penjelasannya :

  1. Insight Bloggingg: Membagi ide orisinil, pemikiran yang mendalam, trend dan komentar tentang suatu topik. Termasuk gaya ngeblog yang paling sulit dilakukan oleh seseorang blogger sekalipun.
  2. Ambition Blogging: Tujuan posting untuk mencapai suatu ambisi dan cita-cita yang diinginkan. Biasanya posting ditujukan untuk para pembuat keputusan.
  3. PiggyBack Blogging: Posting tentang suatu topik yang sedang populer  dan ramai ditampilkan di  media massa. Bentuknya bisa opini, kajian analisa, dll.
  4. Life Blogging: Disebut juga dengan reality blogging. Posting tentang cerita nyata yang terjadi pada kehidupan kita sehari-hari.
  5. Brand Blogging: Posting tentang atribut positif dari suatu brand, personal atau produk (inside look). Bisa juga berupa asosiasi individu dengan suatu brand baik sifatnya official atau unofficial.
  6. Detractor Blogging: Posting tentang rasa tidak suka, komplen terhadap suatu layanan, produk atau brand. Biasanya karena seseorang blogger mendapatkan pengalaman buruk ketika menggunakan layanan, produk dan brand yang pernah ia gunakan.
  7. Annoucement Blogging: Posting berupa suatu berita, pengumuman atau isu besar yang tidak diketahui umum sebelumnya. Efek maksimum akan diperoleh apabila kita menjadi penyebar berita yang pertama tentang isu tersebut.
  8. Link Blogging: Posting berupa koleksi link situs, blog atau konten lain yang dibutuhkan oleh pembaca. Apabila kita berhasil menyajikan link yang sangat dibutuhkan oleh pembaca kita, maka url posting kita ini akan dibookmark dan disimpan oleh pembaca kita.
  9. Video Blogging: Posting berupa video orisinil yang dibuat sendiri.

10.  Photo Blogging: Posting yang utamanya berisi hasi jepretan  foto.       Foto biasanya berbentuk seri yang kita ambil langsung dari kamera kita. Bisa diberi tambahan komentar di posting ataupun hanya foto saja.

11.  Review Blogging: Opini dan review yang jujur dari kita mengenai suatu produk atau layanan. Bisa karena adanya permintaan, bayaran, atau inisiatif kita pribadi.

12.  Evangelist Blogging: Tujuan untuk menginspirasi orang lain supaya percaya terhadap sesuatu yang kita percayai. Sesuatu itu bisa berupa masalah sosial, organisasi, produk atau individu yang kita percayai. Akan lebih dahsyat lagi apabila inspirasi dan ajakan dilandasi kajian yang semi ilmiah

13.  List Blogging: Posting berupa rangking 10 besar (top ten) atau semacamnya tentang suatu hal yang kita persebarluaskan melalui blog.

14.  Survey Blogging: Posting berupa survey yang kita harapkan dijawab oleh pembaca blog kita.

15.  Repost Blogging: Mengambil tulisan atau posting dari blog atau situs lain dan memposting di blog kita.

16.  Guest Blogging: Menulis artikel yang dipublish pada blog atau situs lain yang bukan milik kita. Biasanya karena kita bergabung ke sebuah komunitas atau kita tidak punya sarana untuk ngeblog.

17.  Interview Blogging: Posting berupa hasil interview terhadap seseorang.

18.  Event Blogging: Posting berupa kesan, opini dan pemikiran tentang suatu event (seminar, conference, konser, etc) yang kita ikuti ataupun tidak.

19.  Live Blogging: Posting apa yang saat ini  sedang terjadi secara realtime.

20.  Classified Blogging: Adanya kebutuhan terhadap suatu produk atau layanan. Posting berupa pembukaan lowongan atau pernyataan pencarian suatu produk atau layanan yang kita inginkan untuk dibeli atau dijual.

Demikian 20 gaya dalam memposting blog yang saya dapat dari mas Romisatriawahono dalam acara Seminar Interaktif yang diadakan oleh komunitas blogger bekasi yang merupakan rentetan acara  dari Amprokan Blogger.

“Aku dan Karyaku”

One thought on “20 gaya posting dalam blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *